

BPBD Surakarta Jaring Masukan Masyarakat untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
SOLO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik Tahun 2023 bertempat di Ballroom 3 The Sunan Hotel Solo, Rabu (15/3). Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya BPBD Surakarta dalam menjaring masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Kegiatan dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Surakarta, Bpk Nico Agus Putranto. Peserta yang hadir terdiri atas perwakilan instansi, unsur masyarakat, akademisi, dunia usaha dan media massa.
Dalam sambutannya, Bpk Nico mengatakan, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, organisasi perangkat daerah (OPD) diwajibkan untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan unsur masyarakat, akademisi, dunia usaha dan media massa. Bpk Nico menyatakan, BPBD dalam pelayanan saat ini masih banyak kekurangan. Masih banyak kegiatan BPBD yang belum dapat memenuhi kualitas layanan yang diharapkan masyarakat.
“Sehingga perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kualitas aparatur BPBD. Hal ini yang mendasari kegiatan Forum Konsultasi Publik ini,” terang Bpk Nico.
Menurutnya, standar pelayanan publik menjadi tolok ukur capaian kinerja BPBD. Nantinya akan terlihat apakah pelayanan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat dan apakah sudah sesuai dengan tugas fungsi BPBD.
Dalam kesempatan tersebut, Bpk Nico menerangkan bahwa tahun lalu layanan BPBD hanya ada tiga dan masih bersifat makro. Tahun ini, BPBD menjabarkan layanan menjadi 19 layanan yang dikelola oleh tiga seksi, yakni Seksi Penataan Sistem Dasar Penanggulangan Bencana, Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana, serta Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Pelayanan Informasi Bencana.